Wajib Tahu! Ini Perbedaan MBps Dengan Mbps


Perbedaan MBps Dan Mbps - Mungkin sehari - hari kamu sering menemui iklan yang menawarkan Internet Broadband untuk Ponsel maupun Wifi. Biasanya pada brosur iklan ada beberapa daftar harga per kecepatan internetnya. Tanpa kita sadari, angka kecepetan internet pada brosur menjadi daya tarik untuk kita beli dan menikmatinya. Faktanya, ketika kita menggunakan internet sempat mengeluh "Kok Ngelag Ya? Kok Beda Sama Yang Dibrosur!". Sedikit ilmu dari saya agar kamu tidak terkecoh dengan hal ini, karena saya yakin diantara kalian masih belum tahu.

Bila kamu pelanggan setia layanan internet, setidaknya kamu perlu perlu tahu perbedaan antara MBps dengan Mbps atau KBps dengan Kbps. Walaupun ini tidak terlalu penting, setidaknya kita tahu mana yang lebih baik. Besar kecilnya huruf dalam layanan internet disini sangatlah penting. Kalau salah menafsirkan saja bisa fatal. Yuk simak hal menarik di bawah ini ya!

Contoh: Cuma Rp 300.000,- bisa internetan Unlimited berkecepatan 10Mbps 

Apa yang salah dengan brosur seperti itu? Tidak ada yang salah ya. Namanya juga teknik marketing untuk menarik para pelanggan, semakin besar angka semakin bagus. Berikut penjabarannya.

MBps = Mega Byte Per Second 
Mbps = Mega Bit Per Second

1MBps  = 8 Mbps

Apasih Pengertian MBps dan Mbps?

Ada dua tipe data digital yaitu Byte dan bit. Secara kebetulan tipe data ini berhuruf depan B. Tetapi, cara membedakannya dengan memberi simbol atau kapital. B untuk tipe data Byte sedangkan b untuk Bit.

Byte adalah satuan terkecil dari suatu besaran data digital yang memiliki ukuran tertentu. Contohnya file gambar memiliki besar 3.000.000 B (Byte) = 3 MB (Mega Byte). Sedangkan bit adalah satuan partikel pembentuk data, data ini dikirim dalam bentuk partikel-partikel bit. Oleh karena itu, satuan bit digunakan untuk modus transfer data. Nah ketika membentuk data 1 Byte maka dibutuhkannya trasfer data sebanyak 8 bit dalam waktu tertentu.

Jadi, ketika dihubungkan dengan satuan waktu, maka data dihitung berdasarkan ukuran bit. Sedangkan, untuk ukuran file dihitung berdasarkan Byte.

Nah, biasanya Si penyedia layanan internet selalu mencantumpkan layanan kecepatan internetnya dengan kecepatan misal 10Mbps, mengapa tidak 10240KBps. Mungkin karena 10Mbps terlihat lebih Besar maka banyak orang tertarik dengan besarannya dibanding 10240KBps. Padahal mereka salah dalam menafsirkan satuan. Ingat ini semua teknik marketik penyedia layanan internet.

Kalau kamu benar-benar beli yang 10 Mbps, maka saat mengunduh suatu file rata - rata ya 1,2 MBps. Masih bilang lemot? Tapi kenyataan memang seperti itu ya. Semoga bermanfaat.!

Keyword: Perbedaan MBps, Perbedaan Mbps, Teknik Marketing Internet, Pengertian Byte dan Bit, Junet404.

Comments

Popular Posts